Assalamu'alaykum....Hellooo..... =)


Wednesday, September 15, 2010

Sungkeman

Lebaran dan Sungkeman.. 2 kata yang pasti berhubungan di keluarga. Dan suasana kaya gini nih, yang menguras tenaga, karena mesti nahan diri untuk ngga nangis..bisa merusak suasana nanti... =P
Untungnya Dek Bowo n Dek kiki yang selalu bisa bikin suasana jadi cair...pasti ada aja celetukan mereka yang bikin kita semua ketawa... =D

Sungkeman... is Javanese tradition..caranya, kaum muda mencium tangan orang yang lebih tua sambil jongkok dan orang yang lebih tua duduk sambil mengelus kepala orang yang sungkem.
Biasanya sungkeman dilakukan oleh anak ke orangtua atau adek ke kakak.
Nah, saat sungkem inilah, ada proses saling memaafkan, memohon doa restu.

Sejauh yang saya tahu, sungkeman ngga hanya pada saat lebaran saja, tapi pada acara pernikahan, sungkeman juga menjadi salah satu prosesi yang dijalankan..sebagai "ajang" memohon maaf kepada orang tua dan memohon restu untuk melangkah ke dalam kehidupan baru.

Apapun namanya, saling memaafkan dan saling mendoakan, memang selalu menjadi bentuk interaksi yang paling menyenangkan sekaligus mengharukan, seperti tidak ada jarak antar manusia apapun status dan hubungan antara mereka. Sweet... =)

No comments: