Assalamu'alaykum....Hellooo..... =)


Wednesday, September 8, 2010

Lifestyle Cycle

My Reminder said today at 7.30 am...there is Financial Survival session @Cosmopolitan FM by Ligwina Hananto.

Profesi ART *Asisten Rumah Tangga* sudah beres..hehehe...so I'm freeeeee...
Langsung nyamber laptop cari radio streamingnya... tapi udah dicoba-coba, koq ngga bisa ya.. *kecewa*. Akhirnya iseng-iseng klik-klik lah icon-icon yang ada di web Cosmopolitan FM , ternyata ada sinopsis talkshow-nya Financial Survival... yipppiieeee... tertarik pada salah satu tema yang cukup menggelitik Lifestyle Cycle.

Benner banget sih yang dikatakan Mb Wina *panggilan untuk Ligwina Hananto*, intinya ya jangan sampai jerih payah kerja kita di masa muda akan menguap sia-sia dan akhirnya akan gigit jari di masa pensiun.

Penasaran sama isinya...? yuuuk klik link ini Lifestyle Cycle.

Nah ini sebagian isinya, ngga berani mengutip banyak-banyak..hehehe..intinya sih fase financial kita bisa terbagi menjadi 4, nah dari masing-masing fase ada progress-nya...

Stage pertama adalah Stage FreshGraduate. *pengalaman pribadi =P* , kita baru kerja pertama kali dan mendapatkan gaji yang pertama, rasanya seperti "I conquoer the wooorld"..hehehe..bebaaass mau beli apapun yang selama ini jadi target. Boro-boro mau mikirin financial plan, wong otak sudah dipenuhi angan-angan mau beli ini, itu, ini..hehehe. Tapi menurut Mb Wina, ternyata sebaiknya "good money habbit" sudah dimulai dari sini lho, dan bisa dimulai dengan financial plan yang so simple.

Stage kedua adalah Early 30s. dalam tulisannya, Mb Wina katakan "Just make sure you still have a place you call your own. Comprehensif Financial Plan pun seharusnya sudah berjalan lancar di stage ini". Maksudnya di usia ini, kita sudah mulai memiliki aset-aset yang aktif dan memiliki nilai investasi, contoh rumah.

Stage ketiga adalah mature 40s. Nah kalau di fase ini, Mb Wina menyampaikan bahwa selain sudah memiliki aset-aset kita juga sudah mulai memiliki Penghasilan Pasif yang pendapatannya secara rutin bisa menjadi bekal untuk usia pensiun nanti. Yups, setuju sekali, justru jangan sampai kita mulai mengharapkan penghasilan lain *di luar gaji bulanan*, di saat setelah kita tidak mendapatkan gaji lagi. Justru sebaiknya dijalankan secara pararel pada awalnya, sehingga pada saat pensiun nanti, penghasilan sampingan tsb sudah cukup kuat untuk dijadikan pendapatan utama.

Stage keempat adalah Pension Years, usia di atas 55. Yup, disinilah saatnya kita menikmati hasil jarih payah kita di masa muda. Ngga ada kata-kata yang bisa ditambahkan untuk pejelasan fase yang ini, karena kalimat yang disampaikan Mb Wina, sudah secara jelas menggambarkan semuanya, very clear, 'Di usia ini juga seharusnya Estate Planning sudah siap".

Sangat setuju sekali Mb Wina.. =) ... masih harus banyak berbenah nihhh...


Finance should be practical

*ini quote-nya Mb Ligwina Hananto, lho =)

No comments: